Perawatan batere agar awet dan tahan lama

Kami, banyak sekali menerima pertanyaan dari konsumen mengenai seputar penggunaan BlackBerry, mulai dari perawatan batere, sampai pada pertolongan pertama pada Handset jika terkena air. Berikut adalah hal – hal praktis yang bisa kami bagi informasinya kepada pengguna BlackBerry.

Tips #1 : Merawat penggunaan batere agar awet dan agar tidak merusak handset.

Untuk di ketahui, batere original blackberry adalah adalah jenis Lithium Ion, namun pada tipe Bold beda dengan type curve. ( Bold 9000 dan Bold 9700 : 1500 mAh, Storm 95xx : 1400 mAh, Gemini 85xx : 1150 mAh, Curve 83xx : 1100 mAh dsb). Dalam hal perawatan batere, adalah 3 hal yang saling terkait, yaitu:

a. Kualitas batere

• Batere original dari pabrik, di produksi dengan pengawasan dan kualitas kontrol yang baik, sehingga menjamin kualitas kandungan listriknya yang sesuai dengan type handset. Dari pabrik, umumnya batere telah di isi setengah penuh, sehingga bisa di pakai untuk melakukan aktivasi pada handsetnya.
• Seperti membeli sepeda motor baru, kilometer 0-1000 km pertama di anjurkan agar tidak membawa motor dalam kecepatan tinggi. Sama halnya seperti batere baru, membutuhkan penyesuaian dalam pengisian, 3 sampai 5 kali, kira – kira total sekitar 14 jam ( tidak sekaligus 14 jam tapi 3 smp 5 kali). Setelah 14 jam, kekuatan optimal batere baru bisa di gunakan dengan maximal.
• Batere jenis lith-ion tidak memiliki efek memori seperti jenis baru terdahulu (nikel-cadmium), jadi bisa di isi meski kondisinya tidak kosong. Dan batere lith-ion tidak memerlukan pengosongan sebelum di isi. Dianjurkan, pengisian batere tidak lebih dari 24 jam!
• Jika handset tidak di gunakan, sebaiknya batere di copot, jangan di taruh di dalam handset meskipun handsetnya di matikan.
• Batere lith-ion di sarankan di isi pada saat indikator di layer handset maksimal sudah kuning, jangan sampai menunggu merah. Seringnya membiarkan batere sampai benar – benar habis ( 0%), bisa mengakibatkan, batere tidak bisa di isi dengan charger standardnya lagi. Satu – satunya cara adalah dengan melakukan pengisian dengan mengunakan desktop charger.
• Jangan melakukan pengisian batere di dalam kondisi ruangan yang terlalu dingin ( di bawah AC yang menyala dan mengarah langsung ke handset anda) atau terlalu panas. Dianjurkan, yang terbaik adalah di dalam suhu normal ruangan dan handset tidak di tutupi dengan benda lain pada saat pengisian ( charging).

b. Kualitas Charger

• Charger yang kualitasnya bagus adalah yang memiliki fungsi otomatis mengurangi daya yang masuk ke batere pada saat batere telah terisi sekitar 90% penuh. Setelah penuh, batere di anjurkan segera di pakai secara maksimal agar daya yang telah tertampung bisa di keluarkan.
• Perlu di ingatkan, jangan mengunakan charger yang berbeda voltase dan berkualitas tidak jelas. Ada konsumen yang memakai charger bawaan dari handphone china, yang kebetulan charging portnya cocok dengan handset Blackberry. Itu sangat tidak kami anjurkan, karena selain bisa merusak batere, jika bisa merusak charging portnya sendiri. Kerusakan charging port akan membawa efek yang besar, handset bisa mati total. ( catatan penulis, beberapa kasus BlackBerry yang servis, kondisinya seperti itu)

• Charger mobil di gunakan untuk keadaan darurat, dengan kata lain, jika tidak darurat, sebaiknya mengurangi pengunaan charger mobil.
• Jika dalam pengisian batere, kondisi handset ternyata menjadi panas yang tidak wajar, segera mencabut handset tersebut dan copot baterenya. Biarkan sekitar 5 – 15 menit.
• Handset yang menjadi panas tidak wajar, bisa menjadi indikasi chargernya sudah mulai rusak, karena tidak bisa mengatur daya listrik yang masuk ke batere.

c. Kualitas pengguna ( user)

• Perlu di ingat, batere di charge seperlunya dan jangan di biarkan dalam kondisi di charge lebih dari 12 jam. Meskipun charger memiliki fungsi otomatis mengurangi asupan daya ke batere, kondisi handset yang masih dalam kondisi tercolok, bisa mempengaruhi kinerja batere.
• Dalam hal penggunaan charger mobil, ada aturanyang user mesti pahami, yaitu handset TIDAK BOLEH dalam kondisi tercolok pada saat mobil di STARTER.
• Jangan membeli batere non original, karena bisa menyebabkan handset anda sering restart dan bahkan mati total. Begitupun dengan charger yang anda beli, meskipun charging port- nya sama.

Beberapa kasus yang di temukan, konsumen mengeluh baterenya cepat drop dan handset menjadi panas. Berdasarkan dari pengalaman kami, tidak selalu batere atau chargernya yang bermasalah, namun bisa di akibatkan factor lain. Nah, jika suatu saat BlackBerry anda tiba – tiba menjadi panas, silakan di bawah ketempat kami. Kami ada solusinya buat BlackBerry kesayangan anda.

Dari berbagai sumber

22 thoughts on “Perawatan batere agar awet dan tahan lama

  1. Thx infony broder .

  2. Bro, batre blackBerry tour gw kok cepet abis yah… dalam kondisi normal, chatting, fesbukan, kirim2 email (jarang nelpon dan terima, karena lebih suka pake flexi dan esia dan jarang pula dengerin musik), kekuatan batre tidak lebih dari 15 jam.
    Apakah ini wajar? ditunggu balasannya, bro
    thanks ya infonya keren bangeds

  3. Saya memakai BlackBerry Bold onyx 9700.Saya sering streaming dan browsing,setiap hari hp saya chager karena kadang mati tiba-tiba.Apakah ini normal?sebaiknya ketika meng-charger,kondisi hp lebih baik mati atau hidup?masih normalkah battery saya?

    • @hana: Ada beberapa kasus Onyx dengan kondisi yang sama, batere tiba2 mati tanpa sebab. Kami akhirnya menganti dengan batere yang baru, masalah bisa di atasi dengan batere yang baru. Kami sarankan, pada saat pengcharge-an, kondisi bb mati. Dan cukup 3-4 jam.

  4. Saya memakai hp BlackBerry Bold9700onyx,yang ingin saya tanyakan,akhir-akhir ini,ring tone hp saya tidak keluar seandainya ada telepon masuk,ataupun ada e-mail.ketika saya cek ternyata invalid ring tone,please check another selection.Mengapa bisa seperti ini ya?mohon bantuannya.Terimakasih.

  5. Gan saya mw tanya…BB saya kadang2 pada saat saya charger indikator ngechargernya mati hidup…jd kadang ngecas kadang tidak….saya bingung padahal chargernya tidak ada gangguan…begitu saya restart ato copot batere baru normal kembali…itu knp yah gan?apakah semua BB seperti itu??soalnya pacar saya BB nya menemui kasus yg sama…

    @hana : jika ada alert “Please Check Another Selection” cb cek status memory device deh…biasanya itu gara2 memory device tidak kebaca…cukup di restart aj sampai memory device nya kebaca…pasti normal lagi hehe…

  6. Bro, saya charge torch semalaman kok hanya terisi 30%. Cara me riset batterai bagaimana ya?

    • @djoni : Sebaiknya di bawa ke toko http://www.blackberrybsd.com coba dengan charger milik kami. Karena saat ini, batere yang beredar utk type torch, ada dua jenis. Charger yang ada dalam paket pembelian anda yang bagaimana? model yang sama dengan type onyx atau model yang memakai kabel USB ?
      Untuk memastikan, sebaiknya di bawa ke tempat servis yang ada persedian charger original yang bisa di pakai untuk test.

  7. laznel_manuputty@yahoo.co.id

    bro saya memakai blackberry onyx white…….
    saya mo tanya koq BB saya sering mati tiba” tanpa sebab
    saya sudah menukar batere lama dgn batere yg baru hasilnya tetap saja sama BB saya tetap mati” lgi mohon ”BANTUAN” nya THANKS

  8. bos knapa ya bb sy sering restart saat dipake nlp, apkah pengaruh bateray ato apa? Kira ad solusi apa utk mengatasinya ?

    • @suhendra: Mesti dicek langsung gan, mungkin di software penyebabnya. Untuk mengecek baterenya masih bagus atau tidak, taruh saja di atas permukaan kaca, di puter. Jika mutarnya kenceng, saatnya anda menganti dengan batere baru yang orisinal. Jangan membeli batere non ori, blackberry sangat rentan di electricynya.

  9. Gan… Ane bru beli 9900, blom cukup 1bln, masalahx ketika sya chas batreinya skitar 3-4 jam, nah stelah ane pasang, gak lama stelah pemasangan batrei dan BB ON, skitar 5mnit indikator batreix udah berkurang 1 batang, nah ini kejadian kira2 normal ato gak, kalo gak normal gimna jalan kluarx gan,,
    Trims before…

    • @harizc : total lama pemakaian bsa bertahan brpa jam dr batere penuh sampe kosong? Klo dr kondisi sperti itu hrusnya tdak normal gan, prob sperti itu bsa mslah dr software, batere maupun mesin. Langkah prtama agan cb update os dl aja dan test pake, jika hsilna sama bru cb lngkah k2 dgn mengganti batere. Kalo langkah k3 hrusd cek mesin,bb agan baiknya d bw k garansi saja, apalagi bru sbulan pemakaian. Klau bole tau garansi apa gan?

      • Mulai pagi jam 10 tdi, sampe skrng jam 4 batrei tinggal 50%…
        1. Udah ane upgrade OS gan,, tpi masih tetap
        2. Ane punya 2 batrei ori, sama aja kejadianx gan.
        3. Nah klo chek mesin ane blon nyoba ke tokox
        4. Garansi punya SELULAR SHOP 2 thun

      • @harisc : klo dr jam 10 – 4 msi ad 50% hrusna normal gan.. Rata” batere dakota cma brtahan 8-10 jam dr pengisian full. Cma tdk ad slahnya agan cb k garansinya dl aja🙂 biar d cek lngsung kondisi mesinnya gan.

      • Sippp,,,,,, nnti ane coba ke tokonya.
        Tanks ats saran dan partisipasix

      • @harizc : ok, siapp gan

  10. mw tanya ni . tadi malam bb saya mati total . paginya saya ces . tapi pas masuk ke proses awal bb nya . jalan sdkt proses . lsng mati , trus msk lg proses , trus mati lagi .itu knapa ya ?

  11. tanya ni? pas ngecas hp aq tetep dihidupin lalu ada sms kan aq ksih getaran lah pas sms masuk tiba2 getarannya gak berhenti, itu gimana yang salah ya?

    • @revan : saat charge kondisi tgangan d mesin tdk trlalu stabil dan saat ad aktivitas biasanya akan sdkit mengganggu kinerja mesin, kyak konslet kcil gan, makanya saat getar tdk berhenti. Cb d restart dl dan saat charge dlm kondisi mati saja utk smntara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s