Prediksi Perkembangan BlackBerry, Iphone dan Android di 2010

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa ponsel cerdas membanjiri pasar dengan fitur yang serupa dengan iPhone dan BlackBerry, tetapi mereka tidak menghasilkan sukses yang sama. Bahkan untuk pasar Indonesia, Iphone masih tidak sesukses BlackBerry.

Banyak analisa yang bisa di kemukakan atas suksesnya BlacKBerry di Indonesia, mulai dari karena Presiden USA Obama yang membuat orang Indonesia latah sampai ke selebritas Indonesia yang membawa deman BlackBerry hingga BlackBerry bisa begitu di booming. Demam BlackBerry di dunia dan di Indonesia masih akan berlanjut di 2010.

Saat ini, pasar smartphone BlackBerry didominasi dengan menguasai 40% pangsa pasar, diikuti oleh iPhone dengan 25%, menurut data yang dirilis oleh comScore pada bulan Desember 2009 kemaren. Untuk beberapa tahun kedepan, BlackBerry dan Iphone, keduanya diperkirakan akan tetap berada di puncak. Hasil survey ComScore melaporkan bahwa sebagian besar konsumen yang akan membeli ponsel cerdas dalam tiga bulan berikutnya berencana untuk membeli ponsel Blackberry sebesar 51% dan iPhone sebesar 20%. Dari survey tersebut juga, konsumen yang berminat untuk membeli ponsel cerdas merk lain hanya sebesar 5% ( merk palm treo), 2 % ( merk lain sesama ponsel cerdas). Yang menarik untuk di adu di Indonesia adalah antara Iphone dan BlackBerry. Iphone memang bagus, cepat ( untuk 3GS) dan penuh hiburan.

Namun yang menjadikan Iphone kurang menarik adalah harga belinya yang mahal dan hanya di dukung oleh 1 operator, yaitu Telkomsel. 1 fakta lagi yang menurut penulis mengapa Iphone masih tidak bisa mengejar BlackBerry adalah, Iphone sudah terkenal dengan musik dan game yang cocok buat anak muda, bukan untuk kalangan professional, executive muda dan executive senior yang memerlukan ponsel cerdas untuk mendukung pekerjaan mereka. Bagaimana dengan ponsel cerdas berbasis android?

Well, pasar ponsel cerdas akan semakin menarik di tahun 2010.HTC android 2 memang sudah masuk ke Indonesia, namun konflik yang tidak jelas pada distributor HTC Indonesia, akan menjegal langkah HTC untuk ikut menikmati ceruk ponsel cerdas di sini. Yang bisa di andalkan untuk menambah serunya pertarungan ponsel cerdas di Indonesia adalah Motorola.

Motorola sama seperti HTC, mengusung system operasi android. Menurut survey Frost & Sullivan, android akan menjadi OS terbesar ketiga di tahun 2014. Beberapa telepon dengan OS Android akan didesain untuk pengguna bisnis, menantang langsung ke segmen BlackBerry, sementara yang lain diarahkan untuk konsumen yang menyenangi multimedia, musik dan games, jaringan sosial dan lainnya.

Android Motorola kini bahkan sudah di keluarkan dari operator Verizon.

Kita lihat bersama perkembangannya bro…

Source : Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s